Sabtu, 06 Desember 2014

Akhir NaNoWriMo 2014

Tahun ini saya kembali mencoba berpartisipasi dalam National Novel Writing Month (aka NaNoWriMo, website resminya di http://www.nanowrimo.org ) setelah ... kapan saya terakhir ikutan? Tahun 2011.

Apakah saya berhasil menulis 50000 kata selama sebulan?


Tidak. Saya tidak berhasil mencapai 50000 kata itu.

Tapi saya jadi mengembangkan "metode" baru yang cocok untuk saya untuk rutin menulis setiap hari, yaitu dengan menulis dengan berdasarkan batas waktu (saya memakai 45 menit) bukan berdasarkan batas kata yang harus dicapai.

Cara itu ternyata cukup efektif dan menyenangkan. Rata-rata saya mendapat 500-600an kata dalam 45 menit itu dan jika tidak terlewat satu hari pun, dalam satu minggu (5 hari), saya bisa mendapat 2500-3000an kata.

Begitulah, seputar NaNoWriMo tahun ini. :D Pengalaman yang menyenangkan karena ketemu orang baru di forum dan grup Facebook-nya, plus jadi menemukan metode yang paling pas buat diri sendiri.

Tidak ada komentar: