Rabu, 24 Desember 2014

Toys & Games Republic 4

Kemarin ini saya pergi lagi ke sebuah event. Kali ini lokasinya di Bandung, tapi karena malas gerak akibat hujan yang turun hampir setiap siang dan ketidaktahuan semata akan adanya acara ini, saya tidak seberapa antusias dan pergi lebih karena nemenin temen sekantor jaga di booth.

Sabtu, 06 Desember 2014

Akhir NaNoWriMo 2014

Tahun ini saya kembali mencoba berpartisipasi dalam National Novel Writing Month (aka NaNoWriMo, website resminya di http://www.nanowrimo.org ) setelah ... kapan saya terakhir ikutan? Tahun 2011.

Apakah saya berhasil menulis 50000 kata selama sebulan?


Tidak. Saya tidak berhasil mencapai 50000 kata itu.

Tapi saya jadi mengembangkan "metode" baru yang cocok untuk saya untuk rutin menulis setiap hari, yaitu dengan menulis dengan berdasarkan batas waktu (saya memakai 45 menit) bukan berdasarkan batas kata yang harus dicapai.

Cara itu ternyata cukup efektif dan menyenangkan. Rata-rata saya mendapat 500-600an kata dalam 45 menit itu dan jika tidak terlewat satu hari pun, dalam satu minggu (5 hari), saya bisa mendapat 2500-3000an kata.

Begitulah, seputar NaNoWriMo tahun ini. :D Pengalaman yang menyenangkan karena ketemu orang baru di forum dan grup Facebook-nya, plus jadi menemukan metode yang paling pas buat diri sendiri.

Kamis, 04 Desember 2014

Pasar Seni ITB 2014

Sekali lagi, postingan telat.

Setelah mengunjungi HelloFest 10 di tanggal 22 November 2014, keesokan harinya, tanggal 23 November, saya pergi ke Pasar Seni ITB.

HelloFest 10

Berjumpa lagi dalam postingan blog yang "telat-banget-lu-kenapa-baru-post-sekarang".

Kali ini saya jalan-jalan ke HelloFest 10! Diselenggarakan di area Tennis Indoor Senayan.

Minggu, 30 November 2014

Hiking ke Papandayan

Tanggal 15-16 November 2014 kemarin ini saya pergi hiking ke Gunung Papandayan. Seumur-umur, ini pertama kalinya saya pergi hiking (dan kemping di alam bebas).

Dulu, ketika saya masih SD, salah satu bacaan saya adalah novel Lima Sekawan. Dari beberapa petualangan mereka saat libur sekolah, beberapa di antaranya melibatkan kemping. Terpengaruh dari sana, saya jadi penasaran seperti apa rasanya kemping di alam bebas. (Saya tidak pernah ikut kegiatan pramuka yang sampai berkemah di suatu tempat.)

Jadi ketika salah satu teman saya mengajak untuk hiking ke Gunung Papandayan dan berkemah semalam di sana, saya langsung tertarik dan setuju.

Selasa, 18 November 2014

Bali Trip 2014

Mungkin beberapa orang menyadari kalau beberapa hari kemarin aktivitas saya di internet turun.

Itu karena saya sedang pergi ke Bali bersama ibu saya selama kurang lebih satu minggu. :P


Minggu, 24 Agustus 2014

Selasa, 19 Agustus 2014

AFA ID 2014 & IGS 2014

Yak, kembali lagi dengan posting terkait event.

Berbeda dengan tahun lalu di mana saya lebih berkutat di areal Anime Festival Asia (AFA), tahun ini saya lebih banyak berkutat di areal Indonesia Game Show (IGS) yang, seperti tahun lalu, diadakan bersebelahan di hari yang juga sama.

Apa gerangan yang saya lakukan di Indonesia Game Show, by the way?


Sabtu, 12 Juli 2014

"Hermit Week" - Ketika Menjadi Satu-satunya Penghuni Rumah

Jadi sesungguhnya semingguan kemarin, dari tanggal 30 Juni siang hingga 7 Juli siang, saya ... sendirian di rumah.

Maksudnya betulan sendirian di rumah, bersama dengan dua ekor landak putih peliharaan, karena ibu dan adik saya pergi ke Bali mengunjungi ayah yang sejak tiga bulan lali bekerja di sana. :P

Lalu hari Rabu, tanggal 2 Juli, saya terpikir untuk iseng-iseng mendokumentasikan apa makanan harian saya selama sendirian di rumah, karena ... yaa, karena selama ini saya belum pernah kost atau tinggal sendiri dalam bentuk apapun yang mengharuskan saya memasak sendiri, jadi bisa ditebak deh kemampuan memasak saya seamburadul apa.


Sabtu, 31 Mei 2014

Journey to Miku Expo Indonesia 2014



Seperti yang sebagian orang sudah tahu, saya sebenarnya suka Vocaloid. Nggak mau ngaku sebagai fans, tapi pengetahuan dan kesukaannya ngelebihin orang biasa. :P

Bermula dari tahun lalu.

Tahun lalu, di Facebook dan sosial media tersebar sesuatu yang bernama Mikubook yang saat itu saya kira adalah website untuk polling (saat saya lihat lagi barusan, sepertinya tidak sekedar polling). Polling yang saat itu beredar adalah apakah ingin konser Miku diadakan di negara/kotamu.

Saya mengisi dua kali waktu itu. Yang pertama bertempat di Jakarta, yang kedua bertempat di Bandung, tapi sama-sama masih di Indonesia.

Sewaktu awal tahun ini saya dikabari bahwa May'n akan mengadakan konser di Indonesia, sebenarnya perasaan saya sudah sedikit tidak enak.


Minggu, 04 Mei 2014

Welcoming Aisling

Jadi kemarin ini saya sempat sibuk oleh "anak baru" di rumah.

Sebuah Macbook (gak pake Pro)!


Saya beli bekas dari salah seorang kenalan ayah saya (gak sanggup beli yang baru gres orz). Modelnya sudah termasuk model lama sih, unibody aluminium keluaran akhir 2008. Di beberapa bagian penyok karena pernah terbentur dan bagian bawah touchpad yang seharusnya utk meng-klik sesuatu, tidak berfungsi (kemungkinan karena baterainya bengkak/gembung jadi sensornya ada yang rusak).

Butuh modal lagi sih untuk beli baterai dan upgrade OS, tapi overall saya puas dengan Macbook ini. :D :D :D Selain bisa dipakai menulis, juga bisa dipake ngoding~ Bisa build untuk platform iOS pula (terlepas dari berbagai set-up lainnya yang menanti).

Berbeda dengan kebiasaan saya memberi nama barang elektronik/gadget dengan nama dari mitologi Inuit, kali ini saya memberikan nama "Aisling" kepada si Macbook silver.

Saya awalnya ngasih nama itu karena teringat pemeran utama dari novel Ash yang saya dapat sebagai hadiah giveaway kemarin ini karena teringat bagaimana Macbook ini butuh transformasi cukup besar untuk menjadi "tuan putri", mirip seperti si karakter utama novel Ash.

Lalu saya iseng googling dan mendapati bahwa kata "aisling" rupanya adalah bahasa Irlandia yang berarti "mimpi" atau "vision" selain sejenis puisi.

Boleh juga. :D Namanya cukup cocok.

Senin, 21 April 2014

Melipir Sepintas ke GenCarnival

Kemarin Sabtu (19 April 2014) saya iseng mampir ke sebuah acara yang diadakan di ITB. Kebetulan siangnya juga saya ada janjian dengan teman di lokasi yang lumayan dekat dengan ITB, jadilah saya mampir ke GenCarnival dulu paginya. :P

Apa yang saya temukan di sana?

Selasa, 08 April 2014

Surprise~!

Akhir bulan kemarin (iya saya tahu telat banget baru diposting di blognya sekarang, mana kemarin gak ngucapin selamat tahun baru pas pergantian tahun kek, dst, pokoknya kesalahan saya segudang karena ninggalin blog ini lama gak diupdate) saya mendapat kejutan.

Sebuah email kejutan.

Saya gak ngasih link emailnya tapi, maaf aja. Saya kasih liat pengumumannya aja di sini.

Setelah melewati fase micro heart attack--kaget gak nyangka plus seneng--saya kontak email dengan penyelenggara untuk urusan hadiahnya.

Dan inilah dia, bukunya hari ini sampai di rumah:


Bukunya adalah rekomendasi dari Oyabun Shiki waktu saya bingung ngubek-ngubek website Open Trolley dan berbagai toko buku online lain buat liat harga. Awalnya sempat mau ambil light novel All You Need is Kill yang bentar lagi bakal nongol di bioskop dengan judul Edge of Tomorrow tapi harganya di luar budget banget.

*bahagia karena novel Ash itu adalah novel berbahasa Inggris pertama yang saya punya dan bukan ebook dan bukan minjem dan juga bukan hasil hunting buku bekas

OOT: nebeng promosi akun Wattpad http://www.wattpad.com/user/juunishi_master (NaCl saya posting ulang di sana juga)

Sabtu, 04 Januari 2014

Liburan Akhir Tahun dan Comic Frontier 2013

Di akhir tahun, saya kembali jalan-jalan~

Di penghujung tahun ini, selain sekalian menghabiskan jatah cuti yang masih lumayan banyak, saya pergi ke Jakarta. Awalnya sekedar menginap dan main PS3 di rumah Oyabun Noirciel tapi akhirnya saya pergi ke Comic Frontier 2013 aka Comifuro juga.

Dan inilah hasil jepret-jepret sesi jalan-jalan akhir tahun plus Comifuro~